Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

TRANSLATE

Sabtu, 29 Januari 2011

Pukul Wasit, Simon Kujiro Dipanggil Komdis LPI

Aksi pemukulan terhadap wasit yang dilakukan Simon Kujiro dapat reaksi keras dari Komisi Disiplin Liga Primer Indonesia. Sang pemain akan dimintai keterangan oleh Komdis pada Rabu (2/2/2011) mendatang.
Aksi pemukulan terhadap wasit dilakukan Simon Kujiro saat Semarang United bertandang ke Bogor Raya, Minggu (23/1/2011) lalu. Dalam laga yang berakhir dengan keunggulan 2-1 untuk tuan rumah tersebut, Simon Kujiro melakukan pemukulan terhadap wasit Rudiyanto.

"Simon sudah melakukan pelanggaran berat karena dia melakukan pemukulan terhadap wasit yang dianggap oleh Simon memberikan keputusan yang tidak fair. Bagaimanapun tindakan Simon itu tak dapat dibenarkan. Di atas lapangan, wasit itu seorang hakim yang keputusannya harus dijunjung tinggi oleh seluruh pemain dan ofisial tim,” papar Ketua Komisi Disiplin LPI, M. Sholeh, pada acara perkenalan tim Komisi Disiplin LPI kepada para wartawan di kantor LPI.

Kejadian di Bogor tersebut menjadi 'noda' pertama di LPI. Insiden tersebut sekaligus dianggap sebagai momen apakah LPI mampu membuktikan komitmennya dalam menciptakan kompetisi sepakbola profesional terkait sanksi yang bakal dijatuhkan pada pelaku pemukulan.

Komdis LPI rencananya akan memanggil Simon pada Rabu (2/2/2011) mendatang untuk dimintai keterangannya. Selain itu telah diundang juga untuk menghadap ofisial Semarang United dan wasit Rudiansyah.

"Sebelum menjatuhkan keputusan kita akan mendengar kesaksian langsung dari Simon dan wasit. Setelah itu, secepatnya Komdis akan mengambil keputusan kepada Simon. Hukuman yang akan dijatuhkan Komisi Disiplin dipastikan akan setimpal dengan pelanggaran berat yang dilakukan oleh Simon dan hukuman ini pun punya efek jera kepada para pemain lain," lanjut Sholeh dalam rilis yang diterima detiksport.

Komisi Disiplin LPI baru terbentuk pada 7 Januari lalu dan akan bekerja berdasarkan Surat Rekomendasi Sidang Komisi Disiplin LPI tertanggal 25 Januari 2011 dari Bidang Kompetisi Liga LPI.

Komdis LPI terdiri dari lima orang yang berasal dari pengacara, mantan pemain, mantan wasit dan wartawan senior olahraga. Jabatan ketua Komdis dipegang oleh M. Sholeh (pengacara), dengan wakilnya Henky Bambang Widodo (pengacara) dan tiga anggota yaitu Edi Prayitno (mantan pemain klub Galatama, Tidar Sakti, dan pelatih kepala Diklat Salatiga), Rafli A. Razak (mantan wasit FIFA/mantan Ketua Komisi Wasit PSSI), dan Sumohadi Marsis (wartawan olahraga senior).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERITA HARI INI

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Entri Populer