Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

TRANSLATE

Rabu, 01 September 2010

Seleksi Pemain Asing, Pelatih Pakai Bahasa Isyarat

Pelatih PSCS Cilacap Agus Riyanto memakai bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan pemain asal Korsel, Le So Hyung dan Jun Jin. Lee hanya bisa bahasa negaranya, sedang Jun Jin bisa berbahasa Inggris sedikit. Masalah komunikasi, kata Agus, juga terjadi dengan pemain lain. Di lapangan, skuad lokal juga memakai bahasa Tarzan. Dia yakin seiring perjalanan waktu dan dengan latihan bersama, akan tercipta saling pengertian diantara mereka. Kalau tak bisa secara lisan, komunikasi bisa memakai bahasa tubuh. Apalagi, bahasa di dunia sepakbola bersifat universal, istilah yang dipakai sama. Walau memakai bahsa isyarat, secara umum pengarahan pelatih bisa dipahami pemain. "Yang penting pemain tahu karakter permainan rekan-rekannya."

Untuk mempercepat saling pengertian dan kerja sama tim di antara pemain, pelatih memperbanyak latihan game dan uji coba. Setelah latih tanding dengan Persibas Banyumas di Purwokerto (Sabtu lalu), PSCS akan beruji coba melawan tim sama di Cilacap, Sabtu (4/9). Agus mengaku sulit mencari lawan uji coba klub lokal.
Manajer Rosikin mengatakan berkomunikasi dengan Lee dilakukan lewat Jun Jin. Pemimpin tim itu menyampaikan maksudnya dengan Bahasa Inggris, lalu Jun Jin mengartikan ke Bahasa Korea. "Bahasa Inggris Jun Jin lumayan, komunikasi bisa nyambung."
Untuk berkomunikasi dengan legiun asing itu, Rosikin mengaku belajar Bahasa Inggris lagi. Dulu dia kursus bahasa internasional itu saat akan studi banding ke Thailand, Malaysia dan Singapura dalam kapasitas Ketua KUD Mino Saroyo Cilacap. "Setelah lama tak dipakai, Bahasa Inggris saya harus diasah lagi."

Sumber: Suara Merdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERITA HARI INI

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Entri Populer